Jumat, 05 Desember 2014

Cara Membuat Folder Melalui CMD

MD : Make Directory
CD : Change Directory
RD : Remove Directory

1.      Untuk membuat folder di drive D melalui control panel, pilih run, ketik cmd, dan klik OK.

2.      Jika ingin pindah ke drive D, maka kita dapat mengetik ‘cd..’ agar dapat kembali ke folder sebelumnya.

3.      Setelah kembali ke folder sebelumnya,  dan ingin masuk ke drive D, maka kita gunakan C:\>d: untuk masuk ke drive D.

4.      Jika ingin membuat folder musik di dalam drive D, maka gunakan ‘D:\>md musik’ dan enter. Fungsi MD (Make Directory) adalah untuk membuat folder baru.

5.      Folder musik yang telah dibuat tadi jika ingin ditambahkan folder lagi di dalamnya maka kita harus masuk ke dalam folder tersebut dengan memasukkan perintah ‘D:\>cd musik’ dan enter.  CD (Change Directory) fungsinya adalah untuk masuk ke dalam folder yang telah dibuat sebelumnya untuk menambahkan folder baru di dalamnya.

6.      Jika kita ingin membuat folder noah di dalam folder musik maka caranya yaitu dengan memasukkan perintah ‘D:\musik>md noah’ artinya didalam drive D kita sudah ada folder musik dan di dalam folder musik ada folder noah.

7.      Jika ingin membuat folder baru lagi di folder noah, maka langkah selanjutnya adalah masuk kembali ke folder noah dengan memasukkan perintah ‘D:\musik>cd noah’ lalu tekan enter dan buat folder lagi dengan memasukkan perintah ‘D:\musik\noah>md ariel’ lalu tekan enter.


8.      Bila ada folder yang ingin dihapus, perintah yang kita masukkan ‘D:\musik\noah>rd ariel’ maka folder yang akan terhapus adalah folder ‘ariel’. Fungsi RD (Remove Directory) adalah untuk menghapus folder yang telah dibuat sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar